PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Perkembangan
jaman sekarang ini Teknologi Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri
bagi masyarakat Dunia. Dimana semua orang sudah mulai memiliki ketergantungan
terhadap alat-alat teknologi Informasi, terutama Komputer. Komputer sebagai
salah satu alat Teknologi Informasi kini sudah banyak sekali penggunaanya,
dengan berbagai pengembangan akhirnya pada tahun 1969 berhasil dibuat suatu
jaringan komputer dimana komputer-komputer dapat saling berhubungan dan pertama
kali jaringan komputer tersebut disebut dengan ARPANET. Seiring semakin
berkembangnya ARPANET, maka pada tahun 1972 mulailah jaringan komputer yang kini
kita sebut sebagai Internet mulai diperkenalkan. Dengan berbagai perkembangan
yang dilakukan para ahli terhadap konsep jaringankomputer, maka sampai saat ini
jaringan komputer sudah dapat terhubung dari satu belahan dunia ke belahan
dunia lainnya dengan jarak yang berjauhan.
Tujuan
utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya),
dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer
lain yang berada dalam jaringan yang sama. Dengan banyaknya manfaat yang dirasakan
oleh para pengguna internet, maka internet kini sudah banyak pemanfaatnya,
misalnya di Bidang pendidikan, Ekonomi, Pemerintahan, dan yang lainnya. Dalam
bidang pendidikan, Internet dan atau jaringan komputer telah banyak di
manfaatkan untuk E-Learning, E-Library yang sangat memudahkan para pelajar
untukmendapatkan Informasi-informasi yang mereka butuhkan.
Mereka
dapat berbagi pengalaman mereka,
lagu-lagu, dan yang lainnya melalui media Internet. Pembelajaran lewat internet
yang telah banyak diterapkan disekolah-sekolah juga sangat banyak sekali
manfaatnya, dengan adanya Jaringan komputer yang diterapkan di sekolah-sekolah
itu akan memudahkan proses pembelajaran, ditambah dengan kemajuan teknologi
Wireless yang,sehingga para siswa sekolah dapat ber-internet dengan mudah di
lingkungan sekolah, yang tentunya ditujukan untuk bidang pendidikan pula. Untuk
mengetahui penggunaan jaringan yang di pakai di dunia pendidika
PEMBAHASAN
Jaringan
Komputer
Dalam observasi ini saya membahas
tentang lembaga organisasi sistem informasi yang di dalamnya menyangkut tentang
jaringan komputer membahas tentang
definisi-definisi
dari Hardware, Software, dan Brainware terlebih dahulu.
1.
Hardware
Hardware disini adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan
dipegang secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi. Secara fisik, Komputer terdiri dari
beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen
yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen
tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada
komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen
perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, hardware dalam komputer dibagi menjadi 3, yakni
:
o
Input
Input terdiri
dari keyboard dan mouse. Input ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan
data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar
digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan
sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk
merekam suara ke dalam komputer.
Data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
·
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
·
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk. Peralatan input
ini terdiri dari beberapa macam bagian, yaitu :
Ø Keyboard ,Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Ø
Mouse ,
Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
·
Process
Process adalah
microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section).
Dan ini adalah alat yang berfungsi untuk mengolah data dari alat input diproses
supaya tersajikan melalui alat output, dan alat ini terletak di CPU.
o
Output
Output adalah alat yang berfungsi untuk
menampilkan data yang sudah diolah dari proses. Output terdiri dari, Monitor,
Printer, dan Speaker.
Ø Monitor,Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini
berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti layaknya sebuah televisi. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Ø Printer, Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan
pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan
ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot Metrix, Printer Ink Jet,
dan Printer Laser Jet.
Ø Speaker , Speaker adalah transduser yang
mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan
komponennya yang berbentuk selaput.
2.
Software
Software
merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk
menjalankan perangkat keras komputer. Software adalah program yang berisi
kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai
penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer,
berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat
keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang
diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia
tersebut.
Software komputer
berfungsi untuk :
·
Mengidentifikasi program
·
Menyiapkan aplikasi program sehingga
tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
·
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih
efisien.
Adapun
macam-macam software, yakni:
v Sistem Operasi
Sistem Operasi yaitu program yang
berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean,
memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang
akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah:
Ø Menyimpan program dan aksesnya
Ø Membagi tugas di dalam CPU
Ø Mengalokasikan tugas-tugas penting
Ø Merekam sumber-sumber data
Ø Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan
mendapatkan data
Ø Memeriksa kesalahan sistem
Ø Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows
NT”, /2000/XP
Ø Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan
yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem
Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan
Unix.Di dalam lembaga Al-Yasini, mereka menggunakan sistem jaringan Wifi dan
Jibas. Yang dimaksud Jibas yaitu jaringan informasi bersama. Jibas ini digunakan
secara Online dalam bentuk file. Semua data di sekolah ini sudah masuk kedalam
Jibas. Dalam lembaga ini, Jibas baru digunakan pada tahun 2012. Yayasan
Al-Yasini merupakan pusat tempat servernya.
v Program
Aplikasi
Program
Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan
tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program
presentasi, design grafis, dan lain-lain. Program Aplikasi yang digunakan didalam lembaga Al-Yasini yaitu berupa
Linux dan Windows. Linux disini mempunyai kode sumber terbuka atau bersifat
umum dan juga diperbolehkan untuk merubah kodenya. Dari lingkungan masyarakat
disekitar Al-Yasini banyak yang menggunakan Linux, Dikarenakan gratis atau
tidak dipungut biaya. Tetapi Linux lebih sulit pemakaiannya dari pada windows,
Itulah kekurangan Linux.
Adapun
kelebihan dan kekurangan Linux yaitu, pada kelebihannya Linux sangat kebal
terhadab virus, jadi 99% tidak mungkin terkena virus. Dan jika digunakan untuk
mendownload atau yang lain Linux itu gratis atau tanpa dipungut biaya. Dan
salah satu dari kekurangan Linux yaitu lebih sulit memakainya dari pada Window
yang slama ini kita pelajari.
Demikian dengan
Windows, Windows juga memiliki kelebihan dan kekurangan sama halnya dengan
Linux. Kelebihan Windows salah satunya yaitu lebih mudah pemakaiannya.
Sedangkan untuk kekurangan Windows yaitu sering mudah terkena virus dan tidak
kebal terhadap virus (banyak virus), dan juga harga Windows relatif mahal.
3.
Brainware
Brainware
adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di
dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak
dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak
dapat bekerja tanpa adanya Brainware.
Jadi 3 komponen
ini saling terkait dan saling membutuhkan. Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan
satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program
terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer,
maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan
persoalan ataupun pekerjaannya. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter
(sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan
orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
Adapun komponen-komponen dari
Brainware yakni:
o
Sistem Operasi
Operator yakni
orang yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang
berhubungan dengan komputer, dan
orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang
tersedia di dalam
komputer. Dalam lembaga yang bertanggung jawab
untuk mengoperasikan jaringan komputer adalah semua warga sekolah yaitu para
siswa-siswi dan para guru.
o
Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu
sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer
atau jaringan komputer. Adapun untuk administrator dalam lembaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar