Total Tayangan Halaman

Sabtu, 27 April 2013

TULISAN TEORI ORGANISASI UMUM 2 # PERSAINGAN MONOPOLISTIS 2

    Diferensiasi Produksi
Setiap perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis akan berusaha untuk memproduksikan barang yang mempunyai sifat yang khusus, dan yang dapat dengan jelas dibedakan dari produksi perusahaan-perusahaan lainnya.
    Promosi Penjualan Melalui Iklan
Di dalam perusahaan-perusahaan modern kegiatan mempersiapkan dan membuat iklan adalah suatu bagian penting dari usaha untuk memasarkan hasil produksinya. Perusahaan-perusahaan melakukan kegiatan pengiklanan untuk mencapai salah satu atau gabungan dari tiga tujuan yang dinyatakan di bawah ini:

1.    Untuk memberikan informasi mengenai produk
2.    Untuk menekankan kualitas suatu produk secara persuasif
3.    Untuk memelihara hubungan baik dengan para konsumen

Di dalam menilai apakah iklan memberikan manfaat kepada masyarakat, terdapat berbagai pendapat. Segolongan orang berkeyakinan bahwa iklan merupakan suatu penghamburan karena biaya produksi bertambah tinggi sedangkan konsumen tidak menerima kenikmatan tambahan dari barang yang dipromosikan melalui kegiatan pengiklanan. Beberapa argumen penting dalam perdebatan tersebut diterangkan di bawah ini:
    Iklan Dan Biaya Produksi
Adakah iklan akan menaikkan atau menurunkan biaya produksi per unit? Keduanya mungkin berlaku, dan ia tergantung kepada perubahan permintaan yang terjadi sebagai akibat kegiatan pengiklanan yang dilancarkan.
    Pandangan Lain Yang Menyokong Pengiklanan
Di samping karena biaya produksi yang mungkin akan menjadi lebih rendah, golongan yang menekankan tentang kebaikan iklan mengemukakan kebaikan-kebaikan berikut:
1.    Pengiklalanan membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik di dalam menentukan jenis-jenis barang yang akan dibelinya
2.    Iklan akan menggalakkan kegiatan memperbaiki mutu suatu barang
3.    Iklan membantu membiayai perusahaan komunikasi masa seperti radio, televisi, surat kabar, dan majalah
4.    Iklan menaikkan kesempatan kerja

    Pandangan Yang Mengkritik Pengiklanan
Uraian berikut member gambaran tentang beberapa kritik terhadap pengiklalanan:
1.    Promosi secara iklan adalah suatu penghamburan
2.    Iklan tidak selalu memberi informasi yang betul
3.    Iklan bukanlah suatu cara yang efektif untuk menambah jumlah pekerjaan dalam perekonomian
4.    Iklan dapat menjadi penghambat kepada perusahaan-perusahaan baru untuk masuk ke dalam industry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar