Total Tayangan Halaman

Sabtu, 27 April 2013

TULISAN TEORI ORGANISASI UMUM 2.#PERSAINGAN MONOPOLISTIS.

    Keseimbangan Jangka Panjang
Dalam persaingan monopolistis tidak terdapat hambatan kepada perusahaan-perusahaan baru. Maka keuntungan yang melebihi normal akan menyebabkan pertambahan dalam jumlah perusahaan di pasar. Sebagai akibatnya setiap perusahaan akan menghadapi permintaan  yang semakin sedikit pada berbagai tingkat harga.

Di dalam bagian ini analisis yang dibuat hanya meliputi penilaian ke atas efek dari pasar yang bersifat persaingan monopolistis kepada penggunaan sumber-sumber daya, dorongan untuk mengembangkan teknologi dan melakukan inovasi, dan corak distribusi pendapatan. Kebaikan dan keburukan dari kegiatan ini akan dinilai dalam bagian berikut:
    Efisiensi Dalam Menggunakan  Sumber Daya
Untuk menilai sampai di mana efisiensi pasar persaingan monopolistis di dalam mnegalokasikan sumber-sumber daya, akan dibuat suatu perbandingan dengan efisiensi perusahaan dalam pasar persaingan sempurna.
    Efisiensi Dan Diferensiasi Produksi
Telah diterangkan dalam analisis sebelum ini bahwa barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan persaingan monopolistis bersifat berbeda corak, yaitu berbeda dari segi mutu barangnya, pengemasannya, dan pelayanan setelah penjualan.
    Perkembangan Teknologi Dan Inovasi
Pada umumnya  ahli ekonomi berpendapat bahwa pasar persaingan monopolistis memberikan dorongan yang sangat terbatas untuk melakukan perkembangan teknologi. Terbatasnya dorongan tersebut disebabkan karena dalam jangka panjang perusahaan hanya memperoleh keuntungan normal.
    Distribusi Pendapatan
Persaingan monopolistis mengakibatkan corak distribusi pendapat yang sama sifatnya seperti yang biasanya terdapat dalam persaingan sempurna, yaitu distribusi pendapat adalah seimbang.

Persaingan bukan harga pada hakikatnya mengandung arti usaha-usaha di luar perubahan harga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pembeli ke atas barang yang diproduksikannya. Maka pada hakikatnya usaha-usaha untuk melakukan persaingan bukan harga bertujuan untuk memindahkan kurva permintaan ke kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar