·
Karya ilmiah
(bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan
diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah
dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika
keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Ada
berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar
atau simposium, dan
artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan
ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah
tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau
pengkajian selanjutnya.
Di
perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan
karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum,
dan skripsi
(tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil,
tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada
mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan
penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam
bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan
kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan
penelitian.
·
Laporan Ilmiah
merupakan laporan hasil penelitian
ilmiah yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah tertentu.
Konsumen Hasil Penelitian
- Masyarakat Umum
- Sponsor Penelitian
- Masyarakat Ilmiah.
Jenis Laporan Ilmiah
- Laporan Lengkap (Monograf) : laporan hasil penelitian yang lengkap mencakup atau berisi :
·
proses penelitian secara menyeluruh
dengan mengutarakan semua teknik dan pengalaman peneliti dalam melaksanakan
penelitian.
·
Teknik penulisan harus menjelaskan
hal-hal yang sebenarnya terjadi.
·
menjelaskan hal-hal yang sebenarnya
terjadi di setiap tahap analisis misalnya tentang peggantian/penukaran
teknik/model yang digunakan.
·
menyampaikan kegagalan yang dialami
dan kendala yang dihadapi.
2.
Artikel
Ilmiah adalah perasan (inti sari) dari
laporan lengkap (monograf), yang disusun lebih padat dan disesuaikan dengan
jumlah halaman yang disediakan dalam jurnal-jurnal ilmiah.
3.
Laporan
Ringkas (Summary Report) adalah
laporan yang disusun atau ditulis kembali berdasarkan artikel ilmiah atau
studi-studi yang berkenaan dengan kepentingan masyarakat dalam bentuk yang
mudah dipahami dan dengan bahasa yang tidak terlalu teknis. Laporan ini hanya
memuat temuan-temuan utama saja tanpa menyajikan desain dan metode yang dipakai
dalam melakukan penelitian.
4.
Laporan
untuk Administrator dan Pembuat Keputusan
: ialah laporan yang memuat tentang hal-hal penting dalam pembuatan keputusan
oleh pihak pimpinan. Laporan ini tidak perlu dalam bentuk lengkap, karena pihak
administrator dan pembuat kebijakan tidak memerlukan laporan demikian.
Format Laporan Ilmiah
a) Laporan Ilmiah harus berisi
·
Pernyataan tentang masalah yang
ingin dipecahkan dalam penelitian.
·
Prosedur penelitian yang mencakup
desain penelitian , metode penelitian yang dipilih, sampel yang ditarik, teknik
pengumpulan data, metode statistik yang digunakan baik dalam pengumpulan maupun
analisis data.
·
Hasil penelitian dan temuan-temuan.
·
Implikasi yang dapat ditarik dari
penelitian tersebut.
b) Format Laporan
menggambarkan secara umum bagaimana
penyajian laporan penelitian. Format laporan selalu berkembang dan mempunyai
format yang berbeda-beda. Perkembangan ini bertujuan untuk menentukan bagian
mana yang harus dilaporkan dan bagaimana cara pelaporannya.
c) Penyesuaian Format Laporan
format laporan memerlukan beberapa
penyesuian dengan alasan :
·
Untuk menentukan seberapa resmi format
yang harus digunakan
·
Untuk mengurangi kompleksitas
pelaporan.
Secara umum format laporan memuat
hal-hal berikut :
1 Halaman Judul
2. Lembar Pengesahan
3. Daftar Isi
4. Kata Pengantar
5. Ringkasan (Abstrak atau Executive
Summary )
5.1 Tujuan
5.2 Hasil / Temuan
5.3 Simpulan
5.4 Rekomendasi
6. Isi Laporan :
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Ruang Lingkup Penelitian
(Batasan &Rumusan Masalah)
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4 Metodologi Penelitian
1.5 Sistematika Pembahasan
Bab II. Landasan Teori
Bab III Proses Pengumpulan Data
Bab IV Analisis & Pembahasan
Bab V Simpulan dan Saran
7. Lampiran :
7.1 Daftar Pustaka
7.2 Riwayat Hidup Penulis
7.3 Format Pengumpul Data
(Kuesioner)
7.4 Tabel Umum
7.5 Bahan Pendukung Lainnya.
Format Laporan (Isi Laporan)
Bab I Pendahuluan :
1.1 Latar Belakang Penelitian
paling
tidak terdiri dari empat paragraph, paragraf satu mengenai alasan
memilih bidang dibahas, paragraf dua mengenai alasan memilih
lembaga/perusahaan sebagai obyek penelitian, paragraf tiga mengenai apa
pentingnya topik bahasan yang menjadi judul penelitian (skripsi) anda, uraikan
juga symtom yang terjadi (dicurigai terjadi) pada perusahaan yang diteliti. paragraf
empat rangkuman secara umum mengenai hasil bahasan yang di harapkan.
1.2 Ruang Lingkup Penelitian
menunjukkan
batasan dan rumusan masalah yang diteliti atau yang dibahas dalam penelitian,
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan adalah hal-hal yang akan dicapai dari penelitian dan
relevan dengan ruang lingkup penelitian.Manfaat adalah hal-hal yang akan
terjadi apabila tujuan tercapai.
1.4 Metodologi Penelitian
1) Jelaskan jenis penelitian yang
dipilih (reporting, descriptive, explanatory, predictive),
2) Dianjurkan bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi melakukan penelitian explanatory atau dapat pula dikelompokkan dalam applied research dengan pendekatan Case Study : Consultant Engagement (studi yang bersifat kualitatif).
2) Dianjurkan bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi melakukan penelitian explanatory atau dapat pula dikelompokkan dalam applied research dengan pendekatan Case Study : Consultant Engagement (studi yang bersifat kualitatif).
3) Penelitian diarahkan untuk
menjelaskan Who, What, When, Where, dan How.4)jelaskan cara
mendapatkan data ( library dan field research)
1.5 Sistematika Pembahasan
Uraian singkat tentang pembagian
atau pembabakan pembahasan laporan.
Bab II Landasan Teori
1) Berisi teori-teori dan referensi
lain yang relevan dengan topik dan variabel penelitian.
2) Kerangka teori yang diuraikan sebaiknya lengkap, mutakhir dan sejalan dengan permasalahan penelitian yang bersumber dari literatur atau dari hasil penelitian lain,
2) Kerangka teori yang diuraikan sebaiknya lengkap, mutakhir dan sejalan dengan permasalahan penelitian yang bersumber dari literatur atau dari hasil penelitian lain,
3) Hindari penuangan atau
pengambilan teori dan referensi yang tidak relevan dengan topik atau
permasalahan penelitian.
Bab III Proses Pengumpulan Data
Data yang dikumpulkan adalah
potret kondisi yang terjadi pada obyek penelitian , antara lain :
1) Latar belakang obyek penelitian/perusahaan (sejarah, bentuk badan hukum, bidang operasi/usaha, struktur organisasi dan job description) ;
1) Latar belakang obyek penelitian/perusahaan (sejarah, bentuk badan hukum, bidang operasi/usaha, struktur organisasi dan job description) ;
2) informasi mengenai bidang
kegiatan/sistem/prosedur/praktek akuntansi yang dilakukan perusahaan yang
berhubungan dengan topik penelitian dengan menonjolkan permasalahan (problem)
yang terdeteksi;
3) informasi lain mengenai
perusahaan yang relevan
4) hasil wawancara atau kuesioner.
Bab IV Pembahasan
Merupakan analisis dan evaluasi
terhadap ruang lingkup/masalah penelitian yang dituangkan dalam bentuk
formattemuan yaitu : kondisi, kriteria, sebab, akibat dan rekomendasi.
4.1
Kondisi
Suatu keadaan
(kelemahan/penyimpangan/kecurangan/pemborosan) yang terjadi atas sesuatu yang
diteliti.
4.2
Kriteria
Merupakan norma, aturan, kebijakan,
pelaksanaan dan segala sesuatu yang seharusnya ada/terjadi/dilakukan.
4.3 Sebab
4.3 Sebab
Merupakan penyebab sehingga kondisi
itu terjadi/timbul.
4.4 Akibat
Merupakan konsekuensi dari timbulnya
kondisi tersebut diatas, baik finasial maupun non finansial.
4.5 Rekomendasi
4.5 Rekomendasi
Merupakan langkah perbaikan
secararinci yang diusulkan agar kelemahan penyimpangan, kecurangan, pemborosan
yang telah terjadi (kondisi) dapat diatasi. Rekomendasi hendaknya realistis dan
applicable (dapat diterapkan). Pembahasan akan lebih tajam bilamana ada tanggapan
perusahaan atas permasalahan yang dibahas dan sekaligus komentar
peneliti atas tanggapan perusahaan tersebut.
Bab V Simpulan dan Saran
5.1 Simpulan mengungkapkan pokok masalah yang dibahas dalam Bab III dan
Bab IV dengan singkat dan jelas.
5.2 Saran yang diusulkan harus applicable dan ada masalah
(temuan) nya yang diuraikan dalam Bab IV.
Proses Penulisan
- Pengorganisasian Laporan : mengumpulkan bahan dan data yang relevan dengan ruang lingkup dan tujuan penelitian ; membuat format laporan/penulisan (outline) ; membuat / memilih skema laporan (bentuk tradisional atau bentuk desimal).
- Menulis Konsep Pertama : konsolidasikan waktu anda; tulis apa saja yang ada dalam pikiran anda; jangan lakukan revisi berlebihan pada konsep pertama ini, kalau perlu rekam dulu ide anda ke dalam tape recorder dan kemudian menuliskannya ke atas kertas (PC).
- Periksa Tulisan
a) Agar tulisan mudah dibaca.
b) Revisi tata bahasa dan ejaan.
c) Hati-hati menggunakan terminologi.
d) Sebanyak mungkin gunakan kalimat aktif yang pendek-pendek
dan hindari kalimat yang panjang.
e) Hilangkan pengulangan-pengulangan dan pernyataan yang
berlebihan.
f) Evaluasi kaitan atau relevansi tulisan dengan ruang lingkup
dan tujuan penelitian.
Pengertian Karya Ilmiah
Tulisan ilmiah adalah tulisan yang
didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu,
disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang
bersantunbahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau
keilmiahannya (Ekosusilo. M, 1995:11).
Adapun tulisan dapat disebut tulisan
ilmiah apabila:
a) Mengandung suatu masalah beserta
pemecahannya
b) Masalah yang dikemukakan harus
obyektif sesuai realita
c) Tulisan harus lengkap dan jelas
sesuai dengan kaidah bahasa (EYD)
d) Tulisan disusun dengan metode
tertentu
e) Tulisan disusun menurut sistem
tertentu.
Ciri-ciri Yang Menandai Tulisan
Ilmiah
- Logis
- Sistematis
- Objektif
- Tuntas
- Kebenarannya teruji
- Tata tulisnya sesuai dengan EYD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar